Wednesday, January 30, 2019

SIMBOLISME PL_5


1.      PERUMUSAN

Setiap Pelajar atau Penafsir bahkan Teolog, diharapkan supaya dalam mempelajari Alkitab, harus memiliki kerinduan hati untuk menafsirkan Alkitab dengan baik dan tepat melalui beberapa langkah berikut ini:
a.       Dalam menggali Alkitab penuh bertanggung jawab, dengan harus pasih dalam seluruh Kitab Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru.
b.      Dalam menggali Alkitab, para Penafsir harus memahami seluruh konteks dalam penulisan Alkitab tersebut.
c.       Memahami budaya, pada saat Alkitab itu dituliskan
d.      Latar Belakang masyarakat pemakainnya
e.       Penggunaannya dalam budaya-budaya terkait
f.        Struktur Simbol-Karakter, sifat, ciri, Hirarki
g.      Bahasa dan latar belakang Bahasa yang digunakan
Memperhatikan Kesatuan Alkitab.
h.      Wahyu Progresif (Progresive Revelation), Siapapun yang gagal melihat Progresivitas (perkembangan) Wahyu Tuhan dalam Alkitab Akan Gagal Menafsirkan Topik Utama Alkitab (doktrin Keselamatan). Ia juga akan gagal melihat Perkembangan Tata Ibadah dari Ibadah Simbolik ke Ibadah hakekat (Dalam Roh dan Kebenaran), Akibat selanjutnya ialah, Akan tersisa bentuk-bentuk Ibadah Simbolik dan Ritual dalam Gerejanya.
i.        Pahami Plan A dan Plan B,
Sifat Tuhan tidak pernah berubah, namun Program Tuhan bisa berubah. Setelah menciptakan Alam Semesat Tuhan melihat Semuanya Baik dan beristirahat. Tetapi karena manusia Jatuh ke dalam Dosa, Maka Tuhan bekerja Lagi (Yoh 5:17) Untuk Menyelamatkan Manusia.
j.        Memahami Berbagai Disiplin Ilmu Teologi,
Hasil Penafsiran yang Tep[at dan Benar Pasti Tidak Saling bertenatangan. Tiap-tiap topic Doktrin harus berkesinambungan. Kalau Doktrin Keselamatan kita menyimpulkan bahwa kita diselamatkan Hanya Dengan bertobat dan Percaya, maka Tidak perlu ditambah dengan Baptisan, Perjamuan, dan lain sebagainya.
k.      Menafsir secara Literal, Grammatikal, dan Historikal,
a.       Literal artinya sesuai dengan arti kata paling dasarnya.
b.      Grammatikal artinya sesuai dengan grammar atau tata-bahasa
c.       Historikal artinya memperhatikan konteks sejarah/ Historis pada masa penulisan.
l.        Memperhatikan Konteks, Perhatikan Konteks Jarak/Lokasi, Topik, Waktu
m.    Kualitatif Sebuah Ayat,
n.      Memperhatikan Gaya Bahasa,
o.      Memperhatikan Adat-istiadat,
p.      Lambang dan Perumpamaan

Segala sesuatu yang dinyatakan oleh Allah untuk menegur umat-Nya atau mengajarkan kepada umat-Nya, Allah menggunakan symbol atau Tipologi sesuai dengan masa atau konteks pembicaraan-Nya yang tepat. Para nabi-nabi Allah atau penulis Alkitab menggunakan symbol untuk menggambarkan sesuatu yang TUHAN mau mengajarkan kepada umat-Nya, sesuai dengan budaya dan konteks yang ada. Symbol atau kiasan adalah menggambarkan sesuatu yang ada, sesuai dengan konteksnya agar, para umat-Nya dapat memahami dengan tepat sesuai dengan masa mereka.
Semua symbol atau kiasan yang dinyatakan oleh TUHAN kepada umat-Nya, ditinjau sesuai dengan masannya. Disisi lain TUHAN menyatakan dengan menggunakan symbol atau kiasan adalah supaya manusia memahami maksud TUHAN sesuai dengan konteksnya mereka.


2.      REFLEKSI
Kel. 1
Simbolisme Keimamatan

NO.
Ragi
1.
Ayat di PL: Kej. 19:3 dll
2.
Kejelasan Arti sesuai Bahasa asli:
·         Arti harafiah: Campuran bahan untuk mempermentasi atau mengembangkan kue.
·         Arti MetaPhora: kerusakan moral yang ditunjukan melalui kecenderungannya mempengaruhi yang lain. (Browning: 2556)
3.
Kejelasan arti sesuaikonteks:  sebagai campuran bahan makanan jika dibutuhkan. (ayat symbol Mat. 6:11) ragi org farisi dan saduki tdk boleh adda.
4.
Kesepadanana arti kiasan: sesuatu yang memiliki pengaruh merusak yamg menyebabkan pembususkan. (Browning: 2556)
5.
Keselarasan /kekontrasan fungsi:
- bisa pakai ragi
- bisa tanpa ragi = harus sesuai ketentuan

6.
Kemajuan/Progres arti:
-          secara harafiah = makanan
-          secara kiasan = Ajaran


Kel. 3
Simbolisme Tabernakel

NO.
Emas
1.
Ayat  PL: Kej. 2:11-12, 13:2, Kel. 11:2, 20:23, 25:3, 28:22, Ayub 22:22-25, Maz. 19:9-11, Ratapan 4:1-2 Yosua 6:19 Ezra, 27:22.
2.
Kejelasan Arti: Tempat Penghasil Emas
-          symbol kejayaan
-          bahan untk Tabernakel
-          bahan untuk berhala
-          bahan untuk pakaian Imam
-          Allah adalah Emas = kekayaan sebenarnya
-          Simbolkehidupan yang murni/teruji
-          Symbol anak-anak Sion yang berharga
-          Firman Allah lebih berharga
-          Jarahan perang
-          Sebagai ukuran berat dan nilai
-          Kemewahan atau keberhargaan
3.
Kesepadanan arti:
-          berdasarkan budaya, pada masa itu
-          emas adalah sesuatu yang dianggap berharga
-          sebagai perbandingan untuk yang dianggap tinggi atau bernilai
4.
Keterkaitan arti antara ayat:
-          sesuatu yang paling sangat berharga
-          kehidupan yang berharga di hadapan Allah
-          allah lebih berharga daripada emas
5.
Kesimpulan:
-          bisa jadi berasal dari tanah Hawila
-          sebagai bahan atau material
-          merupakan bahan yang berharga dan selalu diperbandingkan dengan hal yang lebih tinggi atau mulia.


Kel. 1
Simbolisme Tabernakel

NO.
Merpati
1.
Ayat  PL: Kej. 8:8
2.
Kejelasan Arti: Burung Tekukur
-          symbol kejayaan
-          bahan untk Tabernakel
-          bahan untuk berhala
-          bahan untuk pakaian Imam
-          Allah adalah Emas = kekayaan sebenarnya
-          Simbolkehidupan yang murni/teruji
-          Symbol anak-anak Sion yang berharga
-          Firman Allah lebih berharga
-          Jarahan perang
-          Sebagai ukuran berat dan nilai
-          Kemewahan atau keberhargaan
3.
Kesepadanan arti:
-          berdasarkan budaya, pada masa itu
-          emas adalah sesuatu yang dianggap berharga
-          sebagai perbandingan untuk yang dianggap tinggi atau bernilai
4.
Keterkaitan arti antara ayat:
-          sesuatu yang paling sangat berharga
-          kehidupan yang berharga di hadapan Allah
-          allah lebih berharga daripada emas
5.
Kesimpulan:
-          bisa jadi berasal dari tanah Hawila
-          sebagai bahan atau material
-          merupakan bahan yang berharga dan selalu diperbandingkan dengan hal yang lebih tinggi atau mulia.



Simbol-simbol Dalam Alkitab


Merpati
Merpati
Prinsip Penafsiran
Ayat PL
Ayat PB
Ayat-ayat
Kej 8:8, Ima 5:7
Luk 2:24; Mat 3:16; Mat 10:16
Kejelasan arti sesuai Bahasa aslinya

‎(Hayownaah) yang artinya dove: burung merpati yang hidup di desa.
Menurut kamus KBBI disebut burung terkukur, dalam kepercayaan dan kebudayaan melambangkan perdamaian dan kesetiaan. Burung merpati juga dapat dilatih untuk penyampai surat.
Dari kata dasar Yunani peristera/ (peristera) artinya a pigeon: merpati yang hidup dikota.

Kejelasan Arti sesuai konteks

lok (Kid 2:14), cantik (Kid 1:15), merdu suaranya (Kid 2:14), Pengganti kurban: (Im 12:6; 14:22), Suara dukacita: (Yes 38:14; Ratapan (Yes. 59:11; Nah 2:7)
Lambang ketulusan (Mat 10:16), lambang Roh Kudus (Mat 3:16) Dalam Mrk. 13:11; Luk.1 :6; Kis. 13:2 Roh Kudus sebagai penyampai berita.
Kesepadanan Arti kiasan
Keindahan, orang yang meratap.

Sifat yang tulus, Roh Kudus.
Keterkaitan Arti Antar ayat simbol

  1. Elok (Kid 2:14), cantik (Kid 1:15)
  2. Pengganti kurban: (Im 12:6; 14:22)
  3. Suara dukacita: (Yes 38:14; Ratapan (Yes. 59:11; Nah 2:7)
  1. Orang yang berhati Tulus (Mat 10:16)
  2. Pengganti korban yg mahal (Luk 2:24)
Keselarasan kekontrasan
Keindahan (elok dan cantik) dengan ratapan/dukacita.

Kemajuan/progress arti

Harafiah : burung terkukur (binatang)
Kiasan: Keindahan, kesedihan/ratapan, sifat orang yang tulus, lemah lembut, dukacita.

Kesimpulan

Merpati adalah symbol:
Ketulusan hati manusia, Roh Kudus, penyampai surat, penyampai berita, orang yang meratap, orang yang dukacita
Dalam hal keimamatan: Pengganti  Kurban pengahpus dosa, mentahirkan anak laki-laki dan perempuan (Im. 5:7; 12:6; Luk. 2:24


Simbol-simbol Dalam Alkitab

Obyek Simbolis
Ciri-ciri Bersama
Yang disimbolkan
Tanah liat
(Ayub 33:6 ; Yes. 29:16; Rm. 9:21)
  1. Rapuh (Yer. 18:4; Dan. 2:42)
  2. Hina (Nah. 3:14; Yes. 41:25)
  3. Lemah (2 Kor. 4:7)
  4. Tidak punya hak atas dirinya sendiri (Yes. 29:16; Rm. 9:21)
Manusia (Yes. 64:8; Ayub 33:6; Ayub 10:9)

Simbol-simbol Dalam Alkitab
Obyek Simbolis
Ciri-ciri Bersama
Yang disimbolkan
Burung Rajawali
  1. Terbang tinggi
  2. Kuat
  3. Perkasa
  4. Tidak mudah menyerah
  5. Refrensi: Yeh. 17:3; Yes. 40:31)

Orang menantikan TUHAN (Yes. 40:31)



No comments:

Post a Comment

MASALAH DALAM BERMISIOLOGI

Latar Belakang Masalah Pada bagian awal ini, peneliti akan menjelaskan mengenai masalah-masalah yang menjadi latar belakang dalam pene...